Menyegerakan Berbuka Termasuk Anjuran

Puasa Ramadhan merupakan perintah Allah yang di wajibkan, di sini begitu banyak hikmah yang bisa kita dapatkan. Puasa Ramadhan di masa pandemi, tentulah tidak menyurutkan semangat dan aktivitas kita, di balik perintah Allah yang kita jalankan jangan lupa terhadap anjuran  Pemerintah harus tetap mematuhi Protokol Kesehatan.

Di balik segala jenis aktivitas manusia selama bulan Ramadhan, baik dari sahur sampai dengan berbuka tentulah akan bernilai ibadah jika kita melakukan kebaikan yang diajarkan, seperti mencari nafkah, menolong sesama manusia, aktivis lingkungan, dan masih banyak lagi lainnya. Akan tetapi di balik kegiatan kita yang ekstra serta berbagai kesibukan jangan sampai kita lupa untuk Menyegerakan berbuka. Menyegerakan berbuka juga termasuk sunnah yang dianjurkan, sebagaimana sebuah Hadis:

وعن سهل بن سعد رضي الله عنهما, أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال : لايزال الناس بغير ما عجلوا الفطر .متفق عليه

Artinya: Dari Sahal Ibnu Sa’ad Radiyallahu ‘anhuma bahwasannya Rasulullah shallallahu ‘alayhi wa salam bersabda: orang-orang (manusia) akan senantiasa dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka (muttafaqun ilayhi). (al-Hafiz Ibnu Hajar al-Asqalani, Bulughul Maram min Adillatil Ahkam, Riyadh: Darul Qabas, h. 262. Hadis No. 658)

            Hadis di atas merupakan salah satu dalil yang menjelaskan untuk menyegerakan berbuka, baik ketika kita berada di perjalanan, pekerjaan, maupun dimana kita berada, jika sudah saatnya berbuka maka berbuka puasalah terlebih dahulu. Oleh karena itu di masa wabah covid-19 ini, kita semua harus tetap menjaga kesehatan, pola makan dan pola istirahat yang baik, dengan begitu insya allah mudah-mudahan kita sehat semua dan dapat menjalankan aktivitas dengan sebaik-baiknya, amin ya rabbal ‘alamin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *