IPPNU Jabar Raih Juara di Ajang Ormas Day 2021

Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Jawa Barat berhasil meraih juara di ajang Ormas Day 2021 kategori Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Terdekat dengan Masyarakat. Acara yang diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi Jawa Barat itu berlangsung di Hotel Horison, Kota Bandung, Selasa (16/11/2021).

Ketua IPPNU Jabar Siti Latifah mengungkapkan rasa syukur atas penghargaan yang diperoleh seraya mengingat bahwa kebanggaan tersebut juga melahirkan tanggung jawab untuk terus memproduksi program-program sarat manfaat, terkhusus bagi para pelajar.

“Tentu kami sangat bersyukur bisa mendapatkan penghargaan ini. Suatu kebanggaan tetapi juga menjadi tanggung jawab yang besar untuk kami,” ujar Puput, sapaan akrabnya kepada NU Online melalui pesan digital.

IPPNU Jabar, sambung Puput, sapaan akrabnya, akan tetap berusaha untuk menghadirkan program-program yang berkualitas yang berpihak kepada masyarakat khususnya di kalangan pelajar. “Semoga kita selalu semangat untuk menebar manfaat,” katanya.

Puput mengatakan bahwa sebelumnya IPPNU Jabar juga telah menorehkan prestasi. Pertama, meraih penghargaan sebagai Organisasi Kepemudaan terbaik bidang Tata Kelola Organisasi dari Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jabar tahun 2019. Lalu, sebagai Organisasi Kepemudaan terbaik di bidang Pendidikan dari DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jabar, tahun 2021.

“Tentu tidak mudah sampai kita mendapatkan penghargaan ini. Ini juga berkat semua usaha dan dukungan dari seluruh kader IPPNU Jabar,” tandas Puput.

Sekilas tentang Ormas Day 2021 Kepala Bakesbangpol Provinsi Jawa Barat Raden Iip Hidajat menyebut bahwa dari total 1.355 ormas di Jabar, tercatat hanya 500 ormas yang masih aktif, 500 ormas perlu diverifikasi ulang, dan sisanya dikatakan sudah tidak aktif.

Oleh karena itu, gelaran Ormas Day 2021 ditujukan sebagai ajang silaturahmi dan menumbuhkan kembali solidaritas serta kerja sama antara Pemerintahan Daerah (Pemda) dan ormas.

“Ormas day 2021 ini memiliki tiga tujuan, yakni mengembalikan marwah ormas yang berfungsi sebagai kontrol sosial, membangun kembali stigma positif ormas, dan mendorong ormas untuk terus menjadi mitra strategi pemerintah,” ujar Iip, dilansir laman resmi Pemprov Jabar.
Selain itu, gelaran tersebut juga menjadi upaya dalam rangka mendukung program pemerintah sekaligus mengoptimalisasi demokrasi dan pembangunan.

“Kita dorong ormas di Jabar untuk memberikan manfaat kepada masyarakat. Seperti saat pandemi Covid-19, banyak ormas yang terlibat penanganan Covid-19, mulai dari kegiatan vaksinasi hingga penyediaan oksigen bagi pasien,” terangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *